Website Resmi PPID Kabupaten Kampar
Phone: 0762-3240395
Email: ppid@kamparkab.go.id
Babup ; Kades Kades Harus Lakukan Inovasi Sesuai Potensi Desa

Babup ; Kades Kades Harus Lakukan Inovasi Sesuai Potensi Desa

Super Admin    23 Oktober 2018 07:14 WIB   di Baca 292 Kali

Bangkinang Kota – Pemerintah Kabupaten Kampar  menggelar Bursa Inovasi Desa rahuj 2018 di Gor Sport Center Bangkinang Kota, Selasa  (23/10/2018). Sebelum sambutan Wakil Bupati Kampar, Calempong Kaloborasi Celasik Gong Kabupaten Kampar menampilkan suatu hiburan dikiu gubano “cak la bongi ama kau di serta baghandu”. Dimana sebelumnya berbagai iven telah diikuti oleh kesenian yang dinamakan Celasik Gong baik tingkat Provinsi, Nasional bahkan Internasional seperti Malaysia.

Kegiatan yang berlangsung semarak dan dibuka secara resmi oleh Wakil Bupati Catur Sugeng Susanto, SH didampingi Sekda Kampar Drs Yusri,M.Si tersebut ditandai dengan pemukulan gong dan peninjauan  stand bursa.

Program Bursa Inovasi Desa (BID)  yang digelar Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Kampar tersebut  merupakan gagasan Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Republik Indonesia (Kemendes PDTT RI) sebagai media belajar bagi Desa untuk memperoleh informasi dan kegiatan inovasi yang dapat mendukung pembangunan Desa.

Intinya bahwa Bursa Inovasi Desa tersebut  merupakan ajang pertukaran ide-ide kreatif dalam pembangunan Desa.”terang Catur”. Dimana BID yang dilaksanakan ini bukan ajang pameran dalam bentuk barang, namun yang dipamerkan adalah ide-ide kreatif yang lahir dan berkembang di Desa-Desa.

Ditegaskan Wabup bahwa, BID bertujuan untuk membantu Desa dalam meningkatkan kualitas pembangunan melalui pertukaran pengetahuan kegiatan yang inovatif, untuk memberi inspirasi dan alternatif pilihan bagi pembangunan Desa.

Dengan demikian, melalui BID ini Orang Nomor dua di Kampar tersebut berharap mampu memicu munculnya inovasi Desa yang sesuai dengan kondisi wilayah, potensi sumber daya alam dan ekonomi Desa.

Kemudian kepada para Kepala Desa diharapkan untuk dapat mereplikasi atau meniru praktek cerdas/inovasi yang ditampilkan dalam Bursa Inovasi Desa ini sesuai dengan kondisi dan potensi Desa.

Sementara itu ketua panitia pelaksana Akhir Yani Se menyampaikan bahwa kegiatan tersebut dilaksanakan atas program  Pembangunan dan pemberdayaan masyarakat Desa bidang pemberdayaan masyarakat desa Kementerian Desa, pembangunan daerah tertinggal dan Transmigrasi tahun 2018 dengan menggunakan 10% anggaran dana TPID Kecamatan.

Sementara itu tujuan BID adalah untuk mendiseminisasikan informasi pokok terkait Program Inovasi Desa (PID) dan hibah dana Desa, kemudian untuk mengimformasikan kegiatan penyelenggaraan pengelolaan pengetahuan dan inovasi Desa kepada pemangku kepentingan ditingkat Kabupaten/Kota, Kecamatan dan Desa.

Acara yang dihadiri lebih kurang 1000 orang tersebut dihadiri juga Sekda Kampar Drs Yusri M. SI, Kapolres Kampar AKBP Andri Ananta Yudistira, SIK, MH, Asisten III Setda Kampar Ir Nurhasani, MM, para Kepala OPD, sebanyak 21 Camat se-Kab. Kampar,  sebanyaj 251 Kades dan Lurah para Kepala Desa Se-Kabupaten Kampar, seluruh Ketua BPD se-Kab.Kampar, Perwakilan para tokoh masyarakat disetiap Desa serta para pendamping Desa serta. (Diskominfo Kampar).


Artikel Lainnya