Website Resmi PPID Kabupaten Kampar
Phone: 0762-3240395
Email: ppid@kamparkab.go.id
Sosialisasikan Gempur Paud,Yusi Yakinkan Mampu Tingkatkan Perbaikan Sistem Pendidikan Anak usia dini

Sosialisasikan Gempur Paud,Yusi Yakinkan Mampu Tingkatkan Perbaikan Sistem Pendidikan Anak usia dini

PPID Utama    02 Agustus 2023 14:59 WIB   di Baca 391 Kali

Pangkalan Serik, Siak Hulu. Kegiatan Monitoring dan Sosialisasi Gerakan Menuju Perubahan Paud (Gempur Paud) Kabupaten Kampar  masih berlanjut pelaksanaannya, Bunda Paud Kabupaten Kampar drg. Yusi Pratiningsih Firdaus,MM dan untuk hari ini melakukan di Kecamatan Siak Hulu yang menjadi objek sosialisasi, Rabu (2/8)

Ada 4 (empat) sekolah yang diberikan pemahaman dalam sosialisasi ini yakni Tk. AI Mughni Pangkalan Serik,  KB. Harapan Sehat, Tk. Mutiara Buluh Nipis dan UPT SDN 010 Panglalan Serik yang di pusatkan pelaksanaannya di TK Mughni Pangkalan Serik Kecamatan Siak Hulu.

Turut hadir dalam giat ini untuk mendampingi Bunda Paud Kabupaten Kampar dan juga mendukung penuh Gempur Paud ini Camat Siak Hulu Rahmad Fajri, S.STP bersama Bunda Paud Kecamatan Siak Hulu, Kades Pangkalan Serik Jundri beserta jajaran dan para orang tua peserta didik. Dan dari Kabupaten masih menurunkan Tim Gempur Paud Yakni Kabid Kabid PAUD dan PNF Disdikpora Kabupaten Kampar Mariani, Kasi Peserta Didik dan Pembangungan Karakter Paud dan PNF Taufiq Wahyudisyah, SPd. M.Si yang juga selaku Ketua Tim,  Ketua IGTKI Kabupaten Kampar Lusiana Paluzi, MPd yang bertindak selaku narasumber, Sekretaris Forum Paud Misrahayati, Pengurus Himpaudi Kabupaten Kampar, Pengurus Forum PAUD Kabupaten Kampar, Pengurus Himpaudi Kabupaten Kampar, dan Pengurus PDGI Kabupaten Kampar.

Memberikan arahan sekaligus mensosialisasikan Gempur Paud ini Bunda Paud Kabupaten Kampar berikan apresiasinya serta sangat terharu dan tampak air muka bahagia dari wajahnya atas penyambutan oleh anak-anak TK dan SD yang juga disertai dengan pengalungan bunga dan pagelaran musik tradisional bentuk kegembiraan menyambut kedatangannya beserta rombongan. Menyempatkan diri untuk bergabung memainkan salah satu alat musik tradisional (memukul Gong) tersebut, Bunda Paud Kabupaten Kampar juga tampak bersemangat.

"Program Gempur Paud ini merupakan program Transisi belajar dari Paud ke SD memang benar-benar menyenangkan bagi anak-anak. Memastikan anak-anak bahagia, dan senang datang ke sekolah itulah yang harus kita pastikan dan beri pemahaman kepada para pendidik, para orang tua dan anak-anak peserta didik, ini menjadi penyebab utama mengapa sosialisasi ini sangat perlu dilaksanakan dan kita yakin gerakan ini akan mendatangkan perubahan dan perbaikan untuk sistem pendidikan anak usia dini" demikian dikatakan Yusi.

Yusi juga mengatakan bahwa pada pendidikan TK atau Paud, anak-anak tidak diwajibkan untuk diberikan materi Baca, Menulis dan Berhitung yang kita kenal dengan Calistung. Ini hanya boleh bersifat pengenalan dan harus dengan metoda yang mudah untuk difahami anak. 

Disisi lain Ketua IGTKI Kabupaten Kampar yang pada kali ini menjadi narasumber juga memberikan sedikit materi pada sosialisasi ini dengan menerangkan bahwa apapun kondisi seorang anak berhak diterima untuk menimba ilmu di bangku SD atau sederajat. Pendidik harus lebih memberi keteladanan kepada anak-anak agar mereka mengerti tentang rasa hormat, cara berterima kasih dan cara meminta tolong, yang mana ini semua telah tertuang dalam 6 (enam) Fondasi untuk transisi Paud ke SD yang menyenangkan.

Dalam kesempatan yang sama Camat Siakhulu sampaikan ucapan terima kasih kepada Bunda Paud Kabupaten Kampar dan seluruh organisasi mitra Paud karena telah menggesa kegiatan ini dengan turun langsung memberikan sosialisasi kepada masyarakat pada umumnya. Dan katakan siap berkomitmen mendukung penuh kegiatan Gempur Paud ini.

Sembari bercengkerama dengan anak-anak Paud dan SD, Bunda Paud Kabupaten Kampar sempatkan berikan pengetahuan tentang cara menggosok gigi yang baik dan benar bersama PDGI Kabupaten Kampar seraya bagi-bagi sikat gigi kepada murid-murid Paud dan SD. Yang kemudian dilanjutkan penyerahan Alat Peraga Edukatif (APE) sebagai penunjang kegiatan belajar kepada TK/Paud di Desa Pangkalan Serik Kecamatan Siak Hulu.

Selanjutnya Bunda Paud Kabupaten Kampar beserta Forum Paud Kabupaten Kampar bagikan Leflet/Brosur tentang Penjelasan Transisi Paud Ke SD Yang Menyenangkan sebagai media penyebarluasan pemahaman kepada masyarakat luas (Diskominfo/EMS).


Artikel Lainnya