Website Resmi PPID Kabupaten Kampar
Phone: 0762-3240395
Email: ppid@kamparkab.go.id
Hadiri Kunker MENPAN RB, Pj Bupati Kampar Ikuti Pemaparan MENPAN-RB Abdullah Azwar Anas

Hadiri Kunker MENPAN RB, Pj Bupati Kampar Ikuti Pemaparan MENPAN-RB Abdullah Azwar Anas

PPID Utama    07 September 2023 10:01 WIB   di Baca 171 Kali

Pekanbaru - Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) Abdullah Azwar Anas melakukan kunjungan kerja ke Provinsi Riau dalam rangka memberikan Arahan kepada Perangkat Daerah lingkup Pemerintah Provinsi Riau serta Pemerintah Kabupaten/Kota Se- Provinsi Riau, yang diselenggarakan di Balai Serindit Pekanbaru, Kamis (7/8/2023).

Dalam kunjungan tersebut, disambut oleh Gubernur Riau Drs. H. Syamsuar, M.Si dan dihadiri langsung oleh Pj Bupati Kampar Muhammad Firdaus, SE, MM didampingi Oleh Pj Ketua TP-PKK Kabupaten Kampar dr. Yusi Firdaus, MM dan juga dihadiri oleh  Bupati/Walikota Se-Provinsi Riau serta Forkopimda Provinsi Riau dan Tamu Undangan Lainnya.

Dalam arahannya, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Abdullah Azwar Anas Dalam Paparannya yang mengusung tema Bergerak Untuk Birokrasi Berdampak” dalam hal itu ia menyebutkan, kedudukan ASN dalam kehidupan berbangsa dan bernegara sangatlah penting, karena memiliki Fungsi Pengabdian dan Pelayanan kepada masyarakat, sehingga perlu untuk diperhatikan kesejahteraannya. 

“ASN ini ibarat engine yang menjalankan Fungsi Pemerintahan, sehingga perlu banyak Inovasi dan diperhatikan agar kerja pengabdian tetap baik," ungkapnya.”ungkapnya.”

Ia menyebutkan, dalam arahan Presiden ada 3 pokok utama inovasi strategis untuk menciptkaan yang lebih baik yaitu Birokrasi yang berdampak, yang Kedua Reformasi Birokrasi Bukan tumpukan Kertas serta yang Ketiga Birokrasi lincah dan cepat.

“Prioritas Menpan RB dalam arahan presiden yaitu, Pemangkasan Proses bisnis layanan kepegawaian berdampak pada jutaan ASN, Kedua Penerapan Reformasi Birokrasi Tematik pada 4 Kluster Prioritas, Ketiga Akselerasi Pembentukan Mall Pelayanan Publik dan MPP digital diseluruh Indonesia, Keempat Penguatan Sistem Pemerintahan berbasis Elektronik, Kelima Transformasi sistem Pendiidikan ASN Mendukung Percepatan Reformasi Birokrasi Tematik.”

Menpan RB juga mengajak seluruh Kepala Daerah untuk sukseskan Reformasi Birokrasi khusunya Tematik.

“Reformasi birokrasi (RB) tematik adalah salah satu strategi yang dilakukan untuk mempercepat dampak dan hasil capaian reformasi birokrasi. RB tematik berfokus dalam penyelesaian berbagai permasalahan tata kelola yang terkait dengan program prioritas pemerintahan Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden K.H Ma’ruf Amin.”ungkapnya.”

Menpan RB Abdullah Azwar Anas juga tegaskan  para kepala daerah termasuk aparatur sipil negara (ASN) di Provinsi Riau selau bergandengan tangan dalam menyukseskan fokus program reformasi birokrasi Khususnya tematik.

Terdapat tiga fokus dalam reformasi birokrasi tematik. Pertama, reformasi birokrasi untuk pengentasan kemiskinan. kedua Reformasi Birokrasi Investasi dan Pertumbuhan Ekonomi Inklusif. Ketiga Administrasi Pemerintahan.

“Sesuai dengan arahan Presiden Jokowi, seluruh elemen pemerintah diminta untuk segera berkolaborasi untuk menyelesaikan permasalahan kemiskinan dengan berbagai dimensinya, Fokus yang kedua adalah investasi adalah jangkar pemulihan ekonomi Indonesia. Investasi yang meningkat akan berimplikasi pada meningkatnya lapangan kerja, meningkatnya daya beli masyarakat, meningkatnya konsumsi masyarakat dan pada akhirnya akan memberikan dampak yang positif pada pertumbuhan ekonomi nasional. Fokus yang Ketiga Adalah Presiden Jokowi kerap kali berpesan agar pemerintah harus bersiap menghadapi disrupsi teknologi dan iklim digital yang dicirikan dalam era VUCA (Volatility, Uncertainty, Complexity, dan Ambiguity).

“Untuk itu saya mengajak semua ASN yang ada di Provinsi Riau untuk berkolaborasi bersama dan selalu menjalankan apa yang menjadi Prioritas, sehingga keberadaan ASN ini bisa langsung dirasakan oleh Masyarakat Karna ASN ini merupakan menjadi Kekuatan yang Kuat untuk Kemajuan Bangsa jika kita kembangkan dengan Baik.”tutupnya.”

Dalam hal tersebut, Gubernur Riau Drs. H. Syamsuar, M.Si Atas nama Pemerintah Provinsi, kami mengucapkan terima kasih banyak Pak Menteri sudah berkunjung di Bumi Melayu Provinsi Riau ini dalam rangka memberikan arahan terkait ASN yang ada di Provinsi Riau.

“Semoga dengan kunjungan ini Bupati/Walikota serta ASN lainnya dapat memberikan Pertanyaan selagi Mentri kita ada disini dan dengan kedatangan Menpan RB ke Bumi Melayu ini semoga membawa kebaikan bersama terutama dalam rangka memotivasi kinerja ASN di Provinsi Riau.”tutupnya.”

Pada kesempatan ini, Menteri memberikan kesempatan kepada para ASN, Bupati/Walikota untuk bertanya, ataupun menyampaikan berbagai keluhan/saran/kritik yang terjadi dalam dunia Birokrasi di lingkungan Pemprov atau daerah yang ada di Provinsi Riau.

Dalam pertanyaan tersebut, beberapa Perwakilan ASN menyampaikan berbagai permasalahan yang terjadi, mulai dari Kinerja dan Inovasi, Kesejahteraan Pegawai, Nasib Tenaga Honorer kedepannya, baik sebagai PPPK maupun CPNS.”tutupnya.”
(DiskominfoKampar/IsN).


Artikel Lainnya

Setelah 31 Tahun Pindah, Pj Bupati Kampar : Kemajuan Desa Pulau Gadang Luar Biasa

Setelah 31 Tahun Pindah, Pj Bupati Kampar : Kemajuan Desa Pulau Gadang Luar Biasa

PPID Utama   29 Agustus 2023 11:59 WIB   di Baca 221Kali