Website Resmi PPID Kabupaten Kampar
Phone: 0762-3240395
Email: ppid@kamparkab.go.id
Kota Bangkinang dan Sekolah SMP Eka Tjipta Naga Sakti Kecamatan tapung Hilir Raih Penghargaan

Kota Bangkinang dan Sekolah SMP Eka Tjipta Naga Sakti Kecamatan tapung Hilir Raih Penghargaan

PPID Utama    19 September 2023 14:54 WIB   di Baca 414 Kali

Pekanbaru - Pj Bupati Kampar Muhammad Firdaus, SE, MM yang diwakili oleh Pk Sekda Kampar Ramlah, M.Si menghadiri acara Peringatan Hari Ozon Sedunia tahun 2023 Tingkat Provinsi Riau yang diselenggarakan di Hutan Kota Pekanbaru, Selasa (19/9/2023). 

Kegiatan Hari Ozon Sedunia ini dibuka langsung oleh Gubernur Riau Drs. H. Syamsuar, M.Si serta dihadiri oleh seluruh Kepala Daerah dan Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten /Kota Se-Provinsi Riau.

Dalam rangka memperingati Hari Ozon Sedunia ini dengan mengusung Tema “Pulihkan Ozon dan Kurangi Emisi” serta melaksanakan serangkaian acara yaitu memberi penghargaan dengan 3 Kategori yaitu Kota Bersih, Adiwiyata untuk Sekolah Se-Provinsi Riau dan Penghargaan Setya Lestari Bumi.

Dalam sambutannya, Gubernur Riau Drs. H. Syamsuar, M.Si mengatakan bahwa peringatan hari ozon se dunia tingkat provinsi Riau tahun 2023 ini untuk mengendalikan produksi dan konsumsi bahan perusak ozon, yang di harapkan dapat mengingatkan kepedulian masyarakat internasional terhadap keselamatan lingkungan dan ozon. 

“pentingnya hutan untuk menjaga lapisan ozon kita, sehingga udara menjadi lebih sejuk. Hal ini sesuai dengan visi dan misi Gubernur Riau dalam mewujudkan Riau Hijau, seperti yang kita rasakan hari ini kalau lihat ke atas langit Bumi Melayu itu Biru, karna Pemerintah Provinsi Riau selalu berupaya untuk mencegah Karhutlah, supaya Provinsi Riau ini udaranya menjadi sehat.”ungkapnya.”

Ia juga mengatakan, Agar lapisan ozon sebagai lapisan perisai Bumi. Negara maju dan berkembang termasuk indonesia memiliki komitmen penuh untuk menjaga protokol matrial. Temuan ilmiah baru-baru ini mengungkapkan tingkat bahan perusak ozon di atmosfer meningkat 10 kali lipat di tahun 2050. 

“Tindakan negara-negara pihak protokol matrial telah mencegah terjadinya kasus kangker kulit di dunia, katarak mata, matinya Pito pelangton (sumber makanan ikan kecil), biota laut serta penurunan imunitas tubuh manusia.”ungkapnya.”

“Dengan Memperingati hari Ozon Sedunia, Semoga untuk kedepannya Provinsi Riau akan terus berbenah dengan lingkungan yang sehat, aman, sehingga program yang akan di canangkan ke depan yaitu Riau Hijau yang bersih.”ungkapnya.”

Sementara itu, Pj Sekda Kampar mengatakan alhamdulillah dengan Memperingati hari Ozon Sedunia ini, Kabupaten Kampar Kota Bangkinang meraih Penghargaan Harapan III Kota Bersih dan Kategori Adiwiyata, Sekolah SMP Eka Tjipta Naga Sakti Kecamatan tapung Hilir juga mendapatkan Penghargaan.

“Penghargaan ini berkat kerja sama kita semua dari Pemerintah, Masyarakat, serta Dunia Usaha yang selalu menjaga kebersihan Lingkungan kita dan dapat menanam rasa tanggung jawab untuk memelihara Kota atau sekolah yang kita cintai di Kabupaten Kampar ini.”ungkapnya.”

Pj Sekda Juga mengatakan, ini patut kita apresiasi tetapi ini tidak diam di Harapan III, kedepannya kita harus Juara 1 kota bersih, tetapi kita harus menjaga Kota ini tetap indah, bersih, dan Hutan Kotanya Terjaga.

“Tetapi ini tidak luput dari Masyarakat, yang dibutuhkan kesadaran diri untuk menjaga kota ini bersih dengan membuang sampah pada tempatnya.”ungkapnya.”

Untuk itu, saya mengajak kepada seluruh masyarakat kabupaten Kampar untuk menghijaukan lingkungan sekolah dengan menanam pohon atau buah buahan yang bermanfaat, sehingga ekosistem kita terjaga, dan Generasi Kita Tumbuh sehat, dan terhindar dari penyakit.”tutupnya.”

Senada dengan Pj Sekda Kampar, Plt. Kadis Dinas Lingkungan Hidup Yuricho Efril, S.STP juga mengucapkan terimaksih atas partisipasi masyarakat yang selalu menjaga Kota Bangkinang dan selau menjaga sekolah-sekolah tetap hijau dan bersih, sehingga pada hari ini kita mendapatkan penghargaan Harapan III Kota Bersih yaitu Kota Bangkinang, dan Kategori Adiwiyata Sekolah SMP Eka Tjipta Naga Sakti Kecamatan tapung Hilir.

“Penghargaan yang diterima pada Hari Ozon Sedunia tahun 2023 ini merupakan hasil kerja keras dari seluruh elemen dari Negeri Serambi Mekkah nya Riau yang selalu menjaga kebersihan kota Bangkinang dan menjadikan sekolah tetap hijau dan asri .”ungkapnya.”

Dikatakan Yuricho, sebagai Plt Kepala Dinas DLH Kampar ini memberikan Apresiasi Kepada Sekolah yang mendapatkan penghargaan, pengahragaan ini dinilai dapat membantu pemerintah dalam menciptakan generasi yang cinta terhadap lingkungan yang bersih. Sebab kebersihan lingkungan akan berdampak pada kesehatan dan masa depan lingkungan yang sehat, asri, hijau hingga ke masa depan.”tutupnya.(DiskominfoKampar/IsN).


Artikel Lainnya

Monitoring dan Evaluasi Tim Penggerak PKK Kecamatan Tapung Hilir,

Monitoring dan Evaluasi Tim Penggerak PKK Kecamatan Tapung Hilir,

PPID Utama   14 Juni 2024 09:42 WIB   di Baca 44Kali