Website Resmi PPID Kabupaten Kampar
Phone: 0762-3240395
Email: ppid@kamparkab.go.id
Kampar Berduka, Tokoh Adat Kampar Wafat, H Sartuni DT Paduko Majo Tutup Usia

Kampar Berduka, Tokoh Adat Kampar Wafat, H Sartuni DT Paduko Majo Tutup Usia

PPID Utama    05 Maret 2024 10:13 WIB   di Baca 87 Kali

Airitiris : Kabupaten Kampar berduka, tokoh masyarakat dan tokoh Adat Kabupaten Kampar H Sartuni Datuok Paduko Majo bin Usman . Penghulu di Kenegerian Air Tiris wafat pada senin (04-03-2023) dini hari sekitar pukul 00:30 WIB di Pekanbaru. 

Informasi wafatnya Datok Tuni begitu panggilan DT Syartuni dari anak almarhum Firdaus, Almarhum dimakamkan di tanah kelahirannya di Air Tiris. Selasa,5/3/24

DT Syartuni adalah Tokoh Kampar yang banyak berkiprah dalam pembangunan Kampar, DT Tuni adalah Ketua Lembaga Adat Kampar (LAK) periode tahun 2015-2020. Selain itu DT Syartuni juga merupakan tokoh masyarakat Kampar di Pekanbaru.

Suasana  rumah duka di Air tiris dari pantauan awak media terlihat dipenuhi sesak oleh pelayat, karena semasa hidupnya DT Syartuni selain sebagai Ninik Mamak juga dikenal sebagai sosok yang banyak menolong masyarakat, aktif dalam berbagai kegiatan masyarakat sejak masih muda hingga sakit. 

Tampak PJ Sekda Kampar yang juga Ketua Lembaga Adat Kampar (LAK) Drs Yusri Datuok Bandaro Mudo takziah ke rumah duka. Yusri menyampaikan kepergian Syartuni adalah duka mendalam bagi Kampar, apalagi selama hidupnya DT Syartuni sudah memberikan kontribusi yang besar, bukan hanya dalam masalah Adat juga masalah kemasyarakatan lainnya. "Kami merasa kehilangan, susah mencari tokoh yang peduli seperti beliau" ujar Yusri 

Putra almarhum Firdaus menjelaskan DT Syartuni meninggal dalam usia 64 tahun.Ayahnya tersebut memang sudah mengalami sakit stroke dalam beberapa tahun belakang ini. 

"Atas nama almarhum dan keluarga kami mohon maaf sekiranya ada kesalahan yang beliau lakukan" harap Firdaus. (Diskominfo Kampar /Rdh)


Artikel Lainnya