Website Resmi PPID Kabupaten Kampar
Phone: 0762-3240395
Email: ppid@kamparkab.go.id
Plt. Kadis Kominfo Kampar : “Siaran Pers Ramah SEO

Plt. Kadis Kominfo Kampar : “Siaran Pers Ramah SEO

PPID Utama    05 Maret 2024 10:24 WIB   di Baca 87 Kali

Bandung - Dalam era informasi yang terus berkembang, siaran pers memiliki peran krusial dalam menjaga transparansi dan kredibilitas pemerintah. Humas pemerintah yang diperankan melalui tugas pokok dan fungsi Dinas Kominfo, semakin disadari akan pentingnya komunikasi yang efektif dengan masyarakat. 

Dalam upaya memastikan masyarakat selalu mendapatkan informasi yang akurat dan terkini.  Pemerintah semakin menyadari betapa pentingnya siaran pers bagi departemen humas, Pada era di mana informasi dapat dengan mudah disebarkan melalui berbagai platform, siaran pers menjadi sarana penting untuk mengomunikasikan kebijakan, program, dan pencapaian pemerintah kepada publik.

Demikian dikatakan Plt Kadis Kominfo dan Persandian Kabupaten Kampar Irwan AR usai mengikuti arahan dari Kementerian Kominfo terkait dengan Penyebarluasan Informasi dan Publikasi melalui Siaran Pers yang diadakan di The Trans Luxury Hotel komplek Trans Convention Centre  Bandung Jawa Barat , Selasa 05/03.

Untuk meningkatkan kapasitas kehumasan tersebut , Direktorat Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik (IKP) Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) memberikan pelatihan jurnalistik dan kehumasan bertajuk “Jadi Pintar Bareng Kominfo Newsroom” atau Jarkom bagi kementerian, lembaga, pemerintah daerah, dan para mitra yang telah berkolaborasi membangun komunikasi publik melalui jaringan Kominfo Newsroom. 

Dikatakan Irwan AR Diskominfo selaku Humas pemerintah bertanggung jawab untuk memastikan bahwa pesan-pesan yang disampaikan oleh pemerintah benar-benar mencerminkan tujuan dan visi Daerah. Melalui siaran pers, kita dapat mengklarifikasi isu-isu yang mungkin disalahpahami atau disinformasikan oleh pihak ketiga hal merupakan cara utama yang penting bagi organisasi untuk menginformasikan segala sesuatu secara baik, jelas, dan mempersuasif publik demi lancarnya alur komunikasi. Salah satu strateginya adalah menggunakan Search Engine Optimization (SEO) Kata Irwan AR 

Ditambahkan Irwan AR yang didampingi koordinator Liputan Diskominfo dan Persandian Kampar Supardi Seperti diketahui, bahwa Siaran Pers Ramah SEO adalah Siaran Pers yang ditulis dengan mempertimbangkan faktor-faktor yang dapat meningkatkan peringkatnya di mesin pencari, Siaran pers ini biasanya berisi kata kunci yang relevan dengan bisnis atau organisasi yang mengeluarkannya, serta tautan ke situs web atau halaman lain yang relevan. Untuk meraih SEO tersebut, dibutuhkan teknik khusus agar produk komunikasi dapat diterima dengan cepat oleh masyarakat" Tutup Irwan AR. 

Sementara itu sebelumnya menyatakan Direktur Jenderal IKP Kementerian Kominfo Usman Kansong mengatakan pelayanan informasi dan komunikasi bagi publik menjadi hal mutlak sebagai salah satu upaya untuk mencerdaskan dan memberdayakan masyarakat dalam tatanan negara demokrasi.

“Pemerintah bertanggung jawab untuk menghadirkan informasi positif yang tidak hanya mengandung kebenaran namun lebih penting lagi informasi yang berimbang bagi warga negaranya,” katanya. 

Pelayanan informasi sudah tentu tidak bisa berjalan optimal tanpa kehadiran saluran informasi yang memadai serta kerja sama dengan berbagai mitra. Guna meningkatkan efektivitas pemenuhan kebutuhan informasi publik, terlebih informasi yang berimbang, mencerahkan, mencerdaskan, mendidik dan membangun semangat nasionalisme" Kata Usman Kansong. 

Sementara itu, Direktur Pengelolaan Media Ditjen IKP Kementerian Kominfo, Nursodik Gunarjo, mengatakan dalam menghasilkan konten jurnalistik perlu menerapkan prinsip cepat dan efektif. “Namun konten tersebut juga dituntut harus akurat,” ujarnya.

Pada kesempatan tersebut juga di berikan materi terkait dengan teknik penulisan oleh Taufiq Rauf dari redaktur Informasi Publik Kementerian Kominfo RI dan Jufri pelaku  dan praktisi dunia Online terkait dengan penulisan yang efektif dan efisien melalui pemanfaatan Search Engine google., Kegiatan ditutup dengan penyerahan Anugerah Media Center (AMC) 2024 oleh Kementerian Kominfo RI. (Diskominfo Kampar)


Artikel Lainnya

Dinas Kominfo Kampar Raih Penghargaan  dari KPP Pratama Bangkinang

Dinas Kominfo Kampar Raih Penghargaan dari KPP Pratama Bangkinang

PPID Utama   14 Maret 2023 10:45 WIB   di Baca 317Kali

Diskominfo Kampar Buka E-Wartawan Untuk tahun 2024

Diskominfo Kampar Buka E-Wartawan Untuk tahun 2024

PPID Utama   06 Januari 2024 14:37 WIB   di Baca 81Kali