Website Resmi PPID Kabupaten Kampar
Phone: 0762-3240395
Email: ppid@kamparkab.go.id
TP PKK Kab. Kampar Ricana Djayanti Pimpin Langsung Sosialisasi Peranan PKK Dalam Keluarga Sehat

TP PKK Kab. Kampar Ricana Djayanti Pimpin Langsung Sosialisasi Peranan PKK Dalam Keluarga Sehat

PPID Utama    03 Juli 2024 08:36 WIB   di Baca 67 Kali

Bangkinang Kota, Bertempat di Balai Bupati Kampar Tim Penggerak PKK Kabupaten yang diketuai oleh Ricana Djayanti Hambali menggelar Sosialisasi Peranan PKK Dalam Keluarga Sehat, Tanggap dan Tangguh Bencana bagi Tim Penggerak PKK se Kabupaten Kampar melalui Pokja IV , Rabu (3/7).

Ketua TP-PKK Kabupaten Kampar saat membuka acara tersebut, mengatakan, Gerakan Keluarga Sehat, Tanggap dan Tangguh Bencana itu merupakan program dari PKK nasional yang baru-baru ini di sosialisasikan kepada seluruh provinsi dan kabupaten/kota di Indonesia, dengan tujuan untuk mewujudkan keluarga dan lingkungan yang sehat melalui Pilot Project Bidang Kesehatan, kelestarian lingkungan hidup dan perencanaan sehat. 

“Jadi, kita di daerah harus mensosialisasikannya secara berjenjang dari tingkat kabupaten, kecamatan sampai ke desa-desa" ujarnya. Dikatakan, program diinisiasi TP PKK pusat yang terletak pada bidang Pokja IV.

Gerakan ini akan menyasar ranah kesehatan, lingkungan hidup dan perencanaan sehat bagi keluarga. Gerakan ini merupakan sebuah gagasan untuk menumbuhkan kesadaran yang melibatkan keluarga dan masyarakat secara langsung.  “Membina masyarakat agar mampu menolong dirinya sendiri, serta tanggap dan tangguh menghadapi berbagai tantangan,” katanya.

Menurutnya, salah satu permasalahan kesehatan yang sampai sekarang sangat mengkhawatirkan adalah pada masalah Stunting dan kesehatan ibu serta kebiasaan masyarakat yang belum mencerminkan hidup sehat. Terkait perencanaan sehat bagi keluarga, Ricana Hambali mengatakan masih banyak persepsi keliru masyarakat akibat ketidaktahuan rencana untuk keluarga sehat.

" Saya berharap melalui sosialisasi ini TP PKK Kecamatan dan Desa, beserta kader dapat mengetahui vara penanganan dan pencegahan stunting, mampu mengatasi segala permasalahan kesehatan sederhana melalui perencanaan sehat serta mampu siaaga fan tanggao dalam kebakaran tumah tangga dan lingkungan serta tangguh dalam bencana" demikian Ricana mengatakan saat mengakhiri sambutannya. Terkait pelaksanaan sosialisasi tersebut, Ketua Pokja IV dr. Elvi melaporkan bahwa kegiatan ini diikuti oleh sebanyak 84 orang yang terdiri dari Ketua TP PKK Kecamatan se Kabupaten Kampar, Bidan Koordinator, Ketua Pokja IV Kecamatan dan Kader PKK Desa .

Pembukaan ini juga dihadiri oleh Kepala BPBD Kabupaten Kampar Agustar, Perwakilan Dinas Kesehatan Kabupaten Kampardan Perwakilan Dinas Damkar Kabupatrn Kampar. (Diskominfo/EMS)


Artikel Lainnya

TP PKK Kampar Sosialisasi Kekerasan Seksual terhadap Anak.

TP PKK Kampar Sosialisasi Kekerasan Seksual terhadap Anak.

Super Admin   02 Desember 2019 14:42 WIB   di Baca 506Kali

Bunda PAUD Kampar Ricana Djayanti Hambali ; Apresiasi Penerapan Transisi Paud Ke SD.

Bunda PAUD Kampar Ricana Djayanti Hambali ; Apresiasi Penerapan Transisi Paud Ke SD.

PPID Utama   02 Agustus 2024 10:40 WIB   di Baca 35Kali