Website Resmi PPID Kabupaten Kampar
Phone: 0762-3240395
Email: ppid@kamparkab.go.id
Niken Khairunisah Siswi Kelas XII SMAN 1 Bangkinang Kota Wakili Forum Anak Provinsi Riau

Niken Khairunisah Siswi Kelas XII SMAN 1 Bangkinang Kota Wakili Forum Anak Provinsi Riau

PPID Utama    21 Juli 2024 08:57 WIB   di Baca 37 Kali

Jakarta, Bulan Juli ini merupakan peringatan bagi anak Indonesia, dikarenakan pada bulan ini peringatan Hari Anak Nasional dan tepat pada tanggal 23 Juli nanti, kita akan memperingati Hari Anak Nasional (HAN). Biasanya HAN dimeriahkan dengan penyelenggaraan Forum Anak Nasional (FAN). Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Kemen PPPA) bersama FAN menggelar lokakarya dalam meramaikan rangkaian kegiatan HAN 2024 ini pada 16 sampai 18 Juli 2024 lalu. 

Kabupaten Kampar ternyata diketahui juga ikut andil di dalamnya, dengan dibuktikan ditunjuk dan terpilihnya Niken Khairunisah (17) siswi Kelas XII SMAN 1 Bangkinang Kota yang juga merupakan pengurus Forum Anak Kampar dan Provinsi Riau, Minggu (21/7/24). Dalam wawancara dilakukan bersama Niken, dia menjelaskan bahwa Lokakarya Tingkat Nasional kali ini, Hari Anak Nasional akan mengusung tema besar "Anak Terlindungi, Indonesia Maju".
"Dari tema itu,  ada enam subtema berbeda-beda, seperti "Anak Cerdas Berinternet Sehat", "Pancasila di Hati Anak Indonesia", "Pengasuhan Layak untuk Anak: Digital Parenting", "Suara Anak Membangun Bangsa", "Dare to Lead and Speak Up: Anak Pelopor dan Pelapor", serta "Anak Merdeka dari Kekerasan, Perkawinan Anak, Pekerja Anak, dan Stunting" demikian Niken membeberkan. Niken juga mengatakan bahwa keenam subtema itu akan menjadi dasar dari beragam kegiatan yang dilakukan untuk memeriahkan Hari Anak Nasional Tahun 2024 ini.

Apa yang sampaikan Niken langsung dibenarkan oleh Satiti Rahayu selaku Pembina  Forum Anak Kampar yang juga merupakan Kabid Perlindungan Anak Dinas PPKBP3A Kabupaten Kampar saat ditemui ditempat berbeda. Selaku mewakili Kepala Dinas PPKBP3A Kabupaten Kampar, Satiti juga menerangkan bahwa akan ada penyusunan dan perumusan "Suara Anak Indonesia" dan disampaikan oleh perwakilan anak pada Presiden atau Wakil Presiden RI pada puncak peringatan Hari Anak Nasional 2024 yang dijadwalkan berlangsung di Jayapura, Papua, pada 23 Juli 2024. Dan  Satiti juga mengatakan bahwa sebagai perwakilan dari Forum Anak Kabupaten Kampar Niken juga bertindak selaku perwakilan dari Forum Anaka Provinsi Riau nantinya untuk Ke Papua. Dijelaskan juga bahwa lokakarya ini diikuti oleh 169 orang anak dari 38 Provinsi.

Dengan Lokakarya FAN 2024 yang juga diikuti oleh salah seorang Pengurus Forum Anak Kampar ini, diharapkan bisa meningkatkan kualitas partisipasi anak Kampar dalam pembangunan di tingkat nasional, dan dengan demikian diharapkan Pemerintah Kabupaten Kampar akan semakin memberikan dukungannya kepada Forum Anak Kampar disegala kegiatannya. (Diskominfo/EMS)


Artikel Lainnya