Website Resmi PPID Kabupaten Kampar
Phone: 0762-3240395
Email: ppid@kamparkab.go.id
Lomba Cipta Menu B2SA Tingkat Kabupaten Kampar Resmi Di Buka,  Ketua TP PKK Kabupaten

Lomba Cipta Menu B2SA Tingkat Kabupaten Kampar Resmi Di Buka, Ketua TP PKK Kabupaten

PPID Utama    14 Agustus 2024 09:28 WIB   di Baca 17 Kali

Bangkinang Kota - Pj Bupati Kampar diwakili oleh Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Kampar Drs. Muhammad, M.Si didampingi Pj Ketua TP PKK Kabupaten Kampar Ricana Djayanti Hambali membuka secara resmi Lomba Cipta Menu Bergam, Bergizi, Seimbang dan Aman ( LCM- B2SA) Tingkat Kabupaten Kampar tahun 2024 yang dilaksanakan di Halaman Rumah Dinas Bupati Kampar, Kecamatan Bangkinang Kota. Rabu (14/8/2024). Dalam sambutannya, Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kampar Drs. Muhammad, M Si menyampaikan bahwa kegaitan ini bisa menjadi media ajang sosialisasi dan promosi sehingga masyarakat Kabupaten Kampar dapat secara bertahap mengkonsumsi aneka ragam pangan lokal yang berasal dari sumber pangan karbohidrat maupun protein nabati dan hewani serta vitamin dan mineral menuju masyarakat yang sehat dan sejahtera.

Dikatakan muhammad, berdasarkan konsumsi pangan masyarakat kampar saat ini secara kuantitas ternyata sudah melebihi dari ketentuan yang telah dianjurkan oleh Badan Pangan Nasional (BPN), Sedangkan bila dilihat dari segi kuantitas belumlah memenuhi standar hidup sehat sebagaimana yang diharapkan. Selanjutnya Muhammad berharap dengan lomba cipta menu B2SA ini dapat mengurangi totalitas konsumsi beras secara bertahap melalui gerakan diversivikasi pangan, meningkatkan konsumsi karbohidrat non beras berbasis produk lokal pangan dan mengevaluasi kecukupan gizi individual sekaligus merubah pola makan dengan mengedepankan menu beragam, bergizi, seimbang dan aman.

Sementara itu, Pj Ketua TP PKK Kabupaten Kampar Ricana Djayanti Hambali menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan cara kita untuk menumbuh kembangkan dan membudayakan untuk mengkonsumsi aneka ragam jenis pangan lokal dengan porsi seimbang sesuai slogan B2SA ( beragam, berigizi, seimbang dan aman). Dengan bahan pangan yang berbasis sumber daya lokal sekaligus kita memperkenalkan dan memasyarakatkan makanan yang berkualitas dari segi gizi, tampilan dan tidak mengandung zat zat yang membahayakan kesehatan tubuh kita. Dirinya juga menegaskan melalui kegiatan lomba cipta menu merupakan salah satu usaha kita menerapkan kebijakan percepatan penganekaragaman konsumsi pangan berbasis sumber pangan lokal Selanjutnya Ricana juga katakan, dengan kegaiatan ini bagaimana kita bisa mengolah makanan tersebut bukan sekedar enak dimakan tapi juga enak dilihat dan menarik.

Laporan pelaksana Kepala Bidang Konsumsi dan Penganekaragaman Pangan Hj. Yalen Nelfida menyampaikan lomba cipta menu B2SA ini diikuti oleh setiap Kecamatan se Kabupaten Kampar dengan  tujuan untuk meningkatkan pemahaman masyarakat dalam penerapan prinsip pangan beragam bergizi seimbang dan aman dengan memanfaatkan olahan pangan lokal,  meningkatkan pemahaman kesehatan masyarakat dalam menerapkan prinsip menu beragam bergizi seimbang dan aman menuju pola pangan harapan dan  mendorong kreativitas dan inovasi dalam pengembangan olahan pangan lokal masyarakat Kabupaten Kampar yang bernilai komersil. (Diskominfo Kampar)


Artikel Lainnya

Hadapi MTQ ke 50 Tingkat Kabupaten Kampar Tahun 2019  LPTQ Kampar Adakan Rapat Persiapan

Hadapi MTQ ke 50 Tingkat Kabupaten Kampar Tahun 2019 LPTQ Kampar Adakan Rapat Persiapan

Super Admin   06 Maret 2019 08:57 WIB   di Baca 355Kali

Jurnal MTQ Ke-53 Tingkat Kabupaten Kampar Hari Keempat

Jurnal MTQ Ke-53 Tingkat Kabupaten Kampar Hari Keempat

PPID Utama   04 Maret 2024 09:20 WIB   di Baca 175Kali

Pj Bupati Kampar Hambali dan Ketua TP PKK Kabupaten Kampar

Pj Bupati Kampar Hambali dan Ketua TP PKK Kabupaten Kampar

PPID Utama   29 Juni 2024 09:19 WIB   di Baca 62Kali