Website Resmi PPID Kabupaten Kampar
Phone: 0762-3240395
Email: ppid@kamparkab.go.id
Asisten II Suhermi Buka Sosialisasi dan Pencanangan Desa Cinta Statistik (Desa Cantik

Asisten II Suhermi Buka Sosialisasi dan Pencanangan Desa Cinta Statistik (Desa Cantik

PPID Utama    29 Agustus 2024 09:00 WIB   di Baca 48 Kali

Bangkinang Kota - Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Kampar berkolaborasi dengan Dinas Komunikasi, Informatika, dan Persandian Kabupaten Kampar menyelenggarakan acara Sosialisasi dan Pencanangan Desa Cinta Statistik (Desa Cantik) di Aula Kantor Bupati Kampar, Kamis (29/08/2024) 

Acara ini dibuka oleh Pj Bupati Kampar diwakili Asisten II Setdakab Kampar, Suhermi ST, serta dihari oleh Kepala BPS Kampar, Ir. Budianto, dan Plt. Kepala Diskominfo Kampar, Irwan Muhammad, ST, M. E, MIDS. para camat dan perwakilan desa-desa di Kabupaten Kampar yang menjadi target program Desa Cantik.

Dalam sambutannya Suhermi mengatakan Program Desa Cantik adalah bagian dari upaya pemerintah untuk mendorong peningkatan kapasitas desa dalam mengelola data. Program ini melibatkan berbagai pelatihan dan pendampingan bagi perangkat desa agar mampu menghasilkan data yang valid dan berkualitas. Selain itu, program ini juga bertujuan untuk membangun kesadaran masyarakat desa tentang pentingnya data statistik dalam mendukung pembangunan berkelanjutan.

Selanjutnya Dalam sambutannya, Ir. Budianto menegaskan pentingnya kolaborasi antara pemerintah daerah dan desa dalam menghasilkan data yang akurat dan berkualitas. Data ini akan menjadi fondasi yang kuat bagi perencanaan pembangunan yang lebih efektif dan efisien di Kabupaten Kampar.

Dengan adanya program Desa Cantik ini, diharapkan seluruh desa di Kabupaten Kampar dapat berpartisipasi aktif dalam pengelolaan data statistik yang lebih baik, serta mendukung inisiatif pemerintah pusat dalam mewujudkan Satu Data Indonesia. Program ini diharapkan dapat memperkuat sinergi antara pemerintah pusat dan daerah dalam menciptakan pembangunan yang inklusif dan berkelanjutan. Ujarnya

Kegiatan yang dipandu oleh moderator Friska Sitorus, SST, juga menghadirkan dua pemateri utama. Benny Putra, S.Kom., menyampaikan materi tentang "Pemanfaatan Website Desa untuk Pencanangan Desa Cinta Statistik," di mana ia menekankan pentingnya setiap desa menggunakan domain resmi .desa.id sebagaimana diwajibkan oleh Peraturan Menteri Komunikasi dan Informatika. Penggunaan domain ini bertujuan untuk memastikan bahwa data dan informasi yang dikelola oleh desa dapat diakses secara aman dan terstruktur, dan juga menjelaskan cara pemanfaatan website desa untuk mendukung data statistik dan data lainya di website desa masing-masing hal ini bertujuan untuk mendukung transparansi dan akuntabilitas pemerintahan desa.

Selanjutnya Pemateri kedua, Ridhayani Sinaga, S.ST, memberikan sosialisasi dan pembinaan terkait Desa Cantik. Ia menjelaskan bagaimana program ini tidak hanya bertujuan untuk meningkatkan kualitas data statistik di tingkat desa tetapi juga terkait erat dengan inisiatif Satu Data Indonesia yang digagas oleh Presiden Jokowi. Program ini mengarahkan agar data yang dihasilkan oleh desa-desa di seluruh Indonesia terintegrasi secara nasional, sehingga dapat digunakan untuk pengambilan keputusan yang lebih baik dalam pembangunan. (Diskominfo Kampar)


Artikel Lainnya