Website Resmi PPID Kabupaten Kampar
Phone: 0762-3240395
Email: ppid@kamparkab.go.id
Diskominfo Kabupaten Kampar Ikuti Pelaksanaan Bimtek SIA SPBE V2 di Tangerang Banten

Diskominfo Kabupaten Kampar Ikuti Pelaksanaan Bimtek SIA SPBE V2 di Tangerang Banten

PPID Utama    11 Februari 2024 13:37 WIB   di Baca 78 Kali

Tangerang, Dinas Komunikasi dan Informatika dan Persandian (Diskominfo dan Persandian) Kabupaten Kampar mengikuti Bimbingan Teknis (Bimtek) Sistem Informasi Arsitektur (SIA) SPBE V2. Selasa, 6 Februari 2024 beberapa waktu lalu. 

Acara ini diselenggarakan oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) pada tanggal 5-6 Februari 2024 di Indonesia Convention Exhibition, Tangerang.

Bimtek ini dihadiri oleh berbagai Kementerian/Lembaga/Daerah (K/L/D) di seluruh Indonesia, termasuk Dinas Kominfo dan Persandian Kabupaten Kampar Irwan AR yang diwakili oleh Nazriadi, S.H (Prakom/Kepala Seksi Infrastruktur dan Tata Kelola teknologi informasi ) dan Benny Putra, S.Kom (Tenaga IT/Network Analyst).

SIA SPBE V2 merupakan sebuah aplikasi yang membantu K/L/D dalam melakukan perencanaan, pembangunan, dan pengelolaan SPBE secara terintegrasi. Aplikasi ini memiliki beberapa keunggulan, antara lain, Memastikan semua kegiatan perencanaan berlandaskan pada arsitektur SPBE, baik aplikasi maupun infrastruktur, bahkan keamanan, Membantu dalam evaluasi Reformasi Birokrasi (RB) dan belanja TIK, Mencegah redundansi aplikasi antar K/L/D dan Membantu dalam penyusunan anggaran SPBE. SIA SPBE V2 ini adalah lanjutan atau pengembangan dari SIA SPBE V1.

Sementara itu Narasumber dari Kementerian PANRB menjelaskan bahwa sesuai PERMENPAN 9/2023, evaluasi RB akan menggunakan indeks RB yang salah satunya adalah belanja TIK.

"Kedepannya Jika belanja TIK tidak tercantum dalam arsitektur SPBE, maka tidak boleh dilakukan," tegas narasumber.

Lebih lanjut, narasumber menjelaskan bahwa SIA SPBE V2 dilengkapi dengan Artificial Intelligence (AI) yang dapat membantu K/L/D dalam melakukan penganggaran yang lebih efisien.

Sementara itu Nazriadi, S.H., Prakom/Kepala Seksi Infrastruktur Diskominfo dan Persandian Kampar, mengatakan bahwa Bimtek ini sangat bermanfaat bagi Kabupaten Kampar dalam rangka meningkatkan tata kelola SPBE.

"Kami akan segera menindaklanjuti hasil Bimtek ini dengan melakukan koordinasi dengan dinas terkait untuk memastikan bahwa semua OPD di Kabupaten Kampar menggunakan SIA SPBE V2 dalam perencanaan dan pengelolaan SPBE," ujar Nazriadi.

Bimtek SIA SPBE V2 ini diharapkan dapat membantu Kabupaten Kampar dalam meningkatkan tata kelola SPBE yang lebih baik dan efisien dan untuk membuat PETA Rencana SPBE Kabupaten Kampar lebih tersusun dan termanajemen dengan baik, serta mendukung tercapainya target Reformasi Birokrasi di Kabupaten Kampar.lanjut Nazriadi (Diskominfo Kampar /Beny)


Artikel Lainnya

PPID Utama Kabupaten Kampar Ekspos Implementasi Pelaksanaan Undang- Undang Nomor 14 Tahun 2008

PPID Utama Kabupaten Kampar Ekspos Implementasi Pelaksanaan Undang- Undang Nomor 14 Tahun 2008

Super Admin   29 Oktober 2019 11:21 WIB   di Baca 266Kali

BPPT Apresiasi Kabupaten Kampar Dalam Penggunaan Tandatangan Elektronik.

BPPT Apresiasi Kabupaten Kampar Dalam Penggunaan Tandatangan Elektronik.

Super Admin   16 Desember 2019 15:30 WIB   di Baca 382Kali

Diskominfo Kampar Silaturrahmi dengan Diskominfo Kota Padang Panjang

Diskominfo Kampar Silaturrahmi dengan Diskominfo Kota Padang Panjang

PPID Utama   03 Oktober 2021 09:18 WIB   di Baca 219Kali