Website Resmi PPID Kabupaten Kampar
Phone: 0762-3240395
Email: ppid@kamparkab.go.id
BPBD Kabupaten Kampar Turun Tangan untuk Padamkan Kebakaran Lahan

BPBD Kabupaten Kampar Turun Tangan untuk Padamkan Kebakaran Lahan

PPID Utama    19 Juli 2024 08:27 WIB   di Baca 57 Kali

Salo – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kampar segera bertindak untuk memadamkan kebakaran lahan yang terjadi di Desa Sipungguk, Kecamatan Salo, pada hari Kamis, 18 Juli 2024. Kebakaran tersebut dilaporkan terjadi pada pukul 14.20 WIB. Tim Reaksi Cepat (TRC) dari Pusat Pengendalian Operasi Penanggulangan Bencana (Pusdalops-PB) BPBD Kampar langsung dikerahkan ke lokasi kejadian untuk melakukan pemadaman secara manual bersama dengan TNI/Polri. Langkah cepat ini diambil untuk mengendalikan api dan mencegah meluasnya kebakaran yang berpotensi merusak lebih banyak lahan dan mengancam keselamatan warga sekitar.

Kalaksa BPBD Kabupaten Kampar Agustar,M.Si di dampingi Sekretaris Muhammad Katim menyatakan bahwa pemadaman manual dilakukan karena kondisi lahan yang terbakar memerlukan penanganan langsung dan intensif. “Kami mengerahkan seluruh sumber daya yang ada untuk segera memadamkan api dan memastikan keselamatan warga sekitar,” ujarnya. Dalam operasi pemadaman tersebut, tim BPBD Kampar bekerja sama dengan masyarakat setempat yang turut membantu memadamkan api dan mencegah kebakaran meluas. Upaya ini membuahkan hasil dengan api berhasil dikendalikan dalam waktu beberapa jam. "Kami mengimbau masyarakat untuk tetap waspada dan segera melaporkan apabila melihat atau mencium bau asap yang mencurigakan. Selain itu, BPBD juga menekankan pentingnya menjaga lingkungan dan tidak melakukan pembakaran lahan secara sembarangan, terutama di musim kemarau yang rawan kebakaran" Himbau Agustar

“Kami mengapresiasi bantuan dan kerja sama dari warga Desa Sipungguk serta berharap kesadaran akan pentingnya menjaga lingkungan dapat terus ditingkatkan untuk mencegah kejadian serupa di masa depan,” tambahnya.  Sehari sebelumnya pada hari Rabu, 17 Juli 2024 tim Reaksi Cepat BPBD Kampar juga melakukan tindakan pemadaman di Desa Pangkalan Baru Kecamatan Siak Hulu terhadap lahan yang juga terbakar. (Diskominfo Kampar/Rf)


Artikel Lainnya

Bupati Kampar : Tingkatkan Kinerja dan Buat Terobosan

Bupati Kampar : Tingkatkan Kinerja dan Buat Terobosan

Super Admin   14 Agustus 2018 08:12 WIB   di Baca 636Kali

Bupati Kampar ; Kemana Arah Langkah Anak Tergantung Didikan Orang Tua dan Guru

Bupati Kampar ; Kemana Arah Langkah Anak Tergantung Didikan Orang Tua dan Guru

Super Admin   14 Oktober 2018 08:14 WIB   di Baca 522Kali

Wakil Bupati Kampar : Jaga Kekompakan dan Persatuan

Wakil Bupati Kampar : Jaga Kekompakan dan Persatuan

Super Admin   29 Oktober 2018 07:48 WIB   di Baca 470Kali

Diskes Kabupaten Kampar Kunker Ke Inhil

Diskes Kabupaten Kampar Kunker Ke Inhil

Super Admin   20 November 2018 07:46 WIB   di Baca 747Kali