Website Resmi PPID Kabupaten Kampar
Phone: 0762-3240395
Email: ppid@kamparkab.go.id
Menpan RB Nilai Kampar Tiga Kabupaten Terbaik Pengelolaan Pengaduan Publik

Menpan RB Nilai Kampar Tiga Kabupaten Terbaik Pengelolaan Pengaduan Publik

PPID Utama    21 Juli 2022 08:34 WIB   di Baca 168 Kali

Bangkinang Kota : Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan-RB) melalui Direktorat Jenderal Layanan Publik menyampaikan bahwa Kabupaten Kampar merupakan salah satu Kabupaten /Kota di Provinsi Riau yang pengelolaan Sistem Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik Nasional (SP4N) – Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat (LAPOR!)nya terbaik.

Hal tersebut disampaikan oleh Admin Utama SP4N LAPOR Nasional Tony Putra Sanjaya pada acara monitoring Evaluasi tahun 2022 yang dibuka oleh Sekretaris Daerah Provinsi Riau SF Haryanto di ruang Rapat Melati Kantor Gubernur Riau di Pekanbari, Kamis 21/07/2022 dan dihadiri para Sekda dan Kepala Dinas Kominfo atau yang mewakili se Provinsi Riau yang dilanjutkan dengan penandatangan Komitmen Bersama terkait pengelolaan pengaduan publik.

Gubernur Riau dalam sambutan yang diwakili oleh Sekda Provinsi Riau SF Haryanto meminta kepada Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Lingkup Provinsi Riau maupun Kabupaten/kota se Provinsi Riau untuk dapat menindaklanjuti setiap pengaduan masyarakat pada Pemerintah serta senantiasa menjaga kerahasiaan pelapor, karena semakin banyak pengaduan yang disampaikan masyarakat kepada Pemerintah, menandakan tingkat kepercayaan masyrakat kepada pemerintah semakin baik” Kata SF Haryanto.

Sementara itu Admin Utama SP4N LAPOR! Nasional Tony Putra Sanjaya dalam pemaparannya menyampaikan data lengkap pengelolaan SP4N LAPOR! Wilayah Provinsi Riau, dimana jumlah pengaduan sampai Juli 2022 tercatat sebanyak 16 pengaduan , dari 16 pengaduan hanya 2 (Dua) pengadun yang belum ditindaklanjuti, selebihnya sedang dalam proses dan 8 (Delapan) pengaduan setara dengan 63 Persen selesai ditindaklanjuti, dengan rata-rata penyelesaian tindak lanjut pengaduan rata-rata tercatat 4,9 hari kerja” Kata Tony.

Kepala Dinas Komunikasi, Informatika dan Persandian Kabupaten Kampar Yuricho Efril, S. STP yang diwakili oleh Kepala Bidang Pengembangan Sumber Daya dan Layanan Publik Salmi Hadi, M. Si saat diminta menyampaikan pempaparan terkait dengan pengelolaan pengaduan masyarakat ini ia mengatakan bahwa secara umum pemahaman dan permasalahan pengelolaan SP4N LAPOR! Di 12 Kabupaten/kota di Riau Hampir sama.

Alhamdulillah Pemerintah Kabupaten Kampar dibawah kepemimpinan Dr. H. Kamsol, MM memiliki komitmen yang tinggi agar pengelolaan pengaduan dapat ditindaklanjuti dengan semaksimal mungkin , melalui kebijakan strategisnya dari segi regulasi dengan menetapkan Surat Keputusan (SK) Terpadu pengelolaan, penetapan Peraturan Bupati (Perbup) sampai peneyediaan anggaran.

Inovasi pengelolaan pengaduan ini dapat pula diajukan ke Menpan RB sub domain yang memiliki karakteristik Kabupaten Kampar yakni Sub Domain kamparlapor.go.id dan tercatat sebagai sub domain pertama di Provinsi Riau” Kata Salmi Hadi. (Diskominfo Kampar)


Artikel Lainnya

Bupati Kampar Dorong OPD Untuk Terus Tingkatkan Pelayanan Publik

Bupati Kampar Dorong OPD Untuk Terus Tingkatkan Pelayanan Publik

PPID Utama   03 Juni 2021 14:38 WIB   di Baca 263Kali

Bupati Kampar Terima Penghargaan Kabupaten Terbaik Keterbukaan Informasi Kategori Informatif

Bupati Kampar Terima Penghargaan Kabupaten Terbaik Keterbukaan Informasi Kategori Informatif

PPID Utama   29 November 2021 09:50 WIB   di Baca 458Kali

Kemenpan RB Apresiasi Kampar Dalam  Pengelolaan Pengaduan

Kemenpan RB Apresiasi Kampar Dalam Pengelolaan Pengaduan

PPID Utama   29 Agustus 2022 14:14 WIB   di Baca 260Kali