Website Resmi PPID Kabupaten Kampar
Phone: 0762-3240395
Email: ppid@kamparkab.go.id
Ricana Hambali Pimpin Langsung Rakor Persiapan Pelaksanaan AKS (2) Di Kec. Kampar Kiri Hulu

Ricana Hambali Pimpin Langsung Rakor Persiapan Pelaksanaan AKS (2) Di Kec. Kampar Kiri Hulu

PPID Utama    05 Agustus 2024 11:13 WIB   di Baca 31 Kali

Bangkinang Kota, Pj. Ketia TP PKK Kabupaten Kampar selaku Wakil Ketia Tim Percepatan Penurunan Stunting (TPPS) Kabupaten Kampar lakukan rapat koordinasi persiapan pelaksanaan Audit Kasus Stunting  (AKS) ke 2 Kabupaten Kampar. Rapat dilaksanakan di Ruang Rapat Rumah Bupati Kampar pada Senin (5/7). Tampak hadir dalam rapat ini Kepala Dinas PPKBP3A Kabupaten Kampar Edi Afrizal, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Kampar Fitrah Abadi, dan beberapa perwakilan dari instansi terkait, serta TPPS Kabupaten Kampar yang nantinya akan turun langsung dalam kegiatan AKS ini.

Dikatakan Ricana Hambali kegiatan AKS seperti yang telah disepakati akan dilaksanakan di Kecamatan Kampar Kiri Hulu pada tanggal 15 Agustus 2024 mendatang.  Audit Kasus Stunting adalah kegiatan untuk mencari penyebab terjadinya Kasus Stunting sebagai upaya pencegahan terjadinya kasus serupa. "Audit Kasus Stunting dilaksanakan dalam bentuk pertemuan oleh Tim Percepatan Penurunan Stunting (TPPS) Kabupaten Kampar berdasarkan laporan dari  Dinas Kesehatan Kabupaten Kampar, TPPS Kecamatan/TPPS Desa se Kabupaten Kampar, dan ini merupakan kali kedua yang sebelumnya diadakan di Kecamatan Tambang"ujar Ricana mengawali rapat. TPPS menjadi forum pelaksana aksi konvergensi lintas sektor yang bertugas melaksanakan konvergensi, koordinasi dan konsolidasi program pusat, Daerah dan Desa serta peran serta Pemangku Kepentingan.

Dalam rapat juga dijelaskan bahwa jumlah anak stunting terbaru di Kabupaten Kampar sebanyak 512 anak, dengan Prevalensi stunting  sekarang adalah 7,6 % yang sebelumnya diangka 14,5% (665 anak penderita Stunting). Nantinya dalam kegiatan AKS yang diadakan di Kecamatan Kampar Kiri Hulu ini yang menjadi sasaran adalah 2 desa yang merupakan Lokus Stunting, yaitu Desa Deras Tajak dan Desa Kebun Tinggi dengan sasaran Ibu Nifas 3 orang, Catin dalam pendataan oleh KUA, dan dapat ditotalkan nantinya 71 balita dan ibu hamil sebanyak 73 orang. 

Untuk acara AKS ini akan diikuti oleh OPD yang telah menganggarkan kegiatan Percepatan Penurunan Stunting dan yang telah diinput di dalam Web Bina Bangda Tahun 2024 dan melaporkan kesiapan untuk ikut serta dalam AKS ini dan selanjutnya sesuai rencana yang telah disepakati akan dilaksanakan rapat finalisasi pelaksanaan AKS di Kecamatan Kampar Kiri Hulu pada Kamis mendatang. (Diskominfo/EMS).


Artikel Lainnya